Iklan

Ketua SEMAU UINSU Medan Dukung Pelaksanaan Asesmen Lapangan Akreditas Perguruan Tinggi

POPULARITAS NEWS
Tuesday, October 15, 2024, October 15, 2024 WIB Last Updated 2024-10-15T14:05:08Z


Medan - Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) adalah proses penilaian yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk menentukan apakah suatu perguruan tinggi memenuhi standar tertentu yang telah ditetapkan. Dalam Konteks UIN Sumatera Utara Medan, proses ini tentunya dimaksudkan untuk menjamin kualitas dan meningkatkan standar tri dharma perguruan tinggi, khususnya UIN Sumatera Utara Medan, terutama pada aspek kualitas dan layanan pendidikan dan pengajaran. Selasa, 15 Oktober 2024.


Sehubungan dengan pelaksanaan Asesmen Lapangan (AL) Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) UIN Sumatera Utara Medan yang dilaksanakan pada tanggal 11 s/d 13 Oktober 2024 yang lalu, kami segenap pengurus Senat Mahasiswa Universitas (SEMAU) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan menyatakatan sikap sebagaimana berikut:


1. Memberikan dukungan penuh terhadap upaya UIN Sumatera Utara Medan dalam meraih akreditasi terbaik. Kami mengakui pentingnya akreditasi sebagai indikator kualitas pendidikan yang kami terima, dan sebagai komitmen UIN Sumatera Utara Medan dalam meningkatkan mutu akademik, pelayanan, dan pengembangan mahasiswa.


2. Dalam perjalanan usianya yang panjang dan dengan capaian yang telah diperoleh, kami sangat berharap dan mendukung kiranya Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) ini bisa mengantarkan UIN Sumatera Utara Medan memperoleh hasil peringkat akreditasi terbaik.


3. Kami berharap hasil akreditasi ini akan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dan alumni UIN Sumatera Utara Medan terutama terkait dengan;


A. Jaminan kualitas pendidikan yang lebih baik dan sesuai dengan standar bagi mahasiswa.


B. Rekognisi terhadap mahasiswa dan almuni oleh lembaga pemerintah maupun institusi lainnya dan memudahkan alumni saat melamar pekerjaan atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri.


C. Memudahan akses beasiswa mahasiswa karena perguruan tinggi dengan akreditasi Unggul memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah maupun lembaga swasta.


D. Mobilitas karier, dimana lulusan UIN Sumatera Utara Medan akan mendapat kesempatan karier atau studi ke luar negeri karena diakui secara internasional. 


E. Penjaminan peningkatan mutu karena perguruan tinggi dengan akreditasi yang unggul diharuskan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Hal ini tentu berdampak langsung pada mahasiswa, yang akan mendapatkan pengalaman pendidikan yang terus diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan standar terkini.


F. Membangun reputasi dan kredibilitas mahasiswa dan alumni saat memasuki dunia kerja atau bidang profesional lainnya.

"Akreditasi ini merupakan bentuk keseriusan seluruh civitas akademik untuk mewujudkan kampus yang terbaik dalam penerapan Tri Dharma, karena nya kita pasti menginginkan universitas yang kita cintai ini dapat hasil terbaik dan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh mahasiswa, ucap Ketua Senat Mahasiswa, Darwis Mustakim.


Tambahnya lagi, bahwa hasil yang diperoleh nanti tentunya bukan hanya merupakan hasil kerja kerja panitia dan tim akreditasi, melainkan partisipasi dan kontribusi semua pihak, baik internal maupun eksternal yang sudah banyak membantu dan kolaborasi dan sinergi.


"Terlebih terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah berjuang dan berkontribusi dalam proses akreditasi dan terkhusus kepada seluruh elemen Mahasiswa yang juga memberikan kontribusi terbaik bagi universitas yang kita cintai, tutupnya. (Abd Halim)

Komentar

Tampilkan

  • Ketua SEMAU UINSU Medan Dukung Pelaksanaan Asesmen Lapangan Akreditas Perguruan Tinggi
  • 0

Terkini

Topik Populer