Iklan

Meledak! Antusias, Ribuan Warga Iringi Paslon Satika-Sarlandy Hantar Mendaftar Ke Kpu Taput

POPULARITAS NEWS
Thursday, August 29, 2024, August 29, 2024 WIB Last Updated 2024-08-29T12:09:43Z


Sumut

Ribu-an Warga Taput turut menghantar Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Satika-Sarlandy saat mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Taput



Paslon dari PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini sebelum mendaftar terlebih dahulu melakukan kebaktian di rumah kediaman Bupati Tapanuli Utara 2 periode Dr. Drs. Nikson Nababan, di Sipoholon, Kamis (29/8).


Terlihat, masyarakat dari berbagai penjuru Taput berkumpul di Sipoholon dan Lapangan Serbaguna Tarutung diperkirakan keseluruhan sebanyak belasan ribu orang. Menjadikan jalur raya Sipoholon – Tarutung macet, mereka dengan kompak mengenakan baju berwarna merah.



Sesaat kemudian, massa dalam jumlah yang sangat banyak juga berdatangan dari kota kelahiran Nikson Nababan, yakni Kecamatan Siborong-borong.


Sementara di lokasi lain, massa pendukung dari 15 kecamatan juga dengan pakaian nuansa merah, telah berkumpul di Lapangan Serbaguna, lokasi acara deklarasi Paslon Satika – Sarlandy.


Ribuan massa berbaju merah juga terkonsentrasi di Kantor DPC PDIP Taput untuk selanjutnya bergabung dengan massa yang berangkat dari kediaman di Sipoholon. Kondisi ini juga menyebabkan menyebabkan kemacetan selama beberapa waktu di jalan Raya Tarutung -Sipoholon khususnya Kota Tarutung.



Sementara pendukung dari Kecamatan Tarutung dan Siatas Barita yang diperkirakan mencapai 3 Ribu-an lebih, juga merapat ke Lapangan Serbaguna Tarutung. 



Suasana pun semakin ramai dengan memadati secara penuh tribun dan Lapangan Serbaguna Tarutung.



Diperkirakan massa yang berkumpul di Lapangan Serbaguna dan yang ikut mendampingi ke KPU sebanyak 16 ribu lebih.



Sebelumnya, di kediaman Nikson Nababan/Satika Simamora, setelah selesai acara kebaktian, marga Nababan terlebih dahulu menyampaikan ‘ulos’ dan ‘dekke’ kepada pasangan suami istri Nikson Nababan – Satika Simamora dan Sarlandy Hutabarat – Marsaulina Lumbantobing.


Menyusul Hula-Hula Marga Simamora, Tulang Marga Sinaga dan Tulang Marga Borsak Sirumonggur Lumbantoruan dan Marga Siagian mengenakan corak yang sama, yakni ulos, dekke diringi doa dan support perjuangan.


Sementara di penghujung acara, salah seorang Tokoh Masyarakat Silindung yakni St. Binsar Lumbantobing didampingi St. Saut Meanel Lumbantobing (Mismis), Tohom Lumbantobing, Baktiar Tobing, Saut Hutabarat dan lainya menyampaikan dukungan atas pencalonan Paslon Satika – Sarlandy.


Terpantau, Satika Simamora dan Sarlandy Hutabarat beserta suami dan istri terlihat sangat fresh pada saat memasuki Kantor KPU Tapanuli Utara. Mereka berempat kompak mengenakan kemeja berwarna putih.



Tiba di KPU, Paslon Satika – Sarlandy diusung Partai PDIP dan PKB yang diketahui memiliki 12 Kursi DPRD Taput atau sekitar 65.976 suara hasil Pemilu Legislatif 2024, diringi massa pendukung dan diterima 5 orang Komisioner KPU, dibarengi suguhan musik dan tari tradisional Batak Toba.


Ketua KPU Taput Swardy Pasaribu memastikan bahwa calon perseorangan di Taput yang pendaftarannya dibuka 5 Mei 2024 dinyatakan nihil, hanya ada Paslon dari parpol atau gabungan parpol.


Terkait pendaftaran, dokumen dari parpol bersifat lengkap dan benar sementara dokumen calon lengkap,” ujarnya.


Setelah dinyatakan resmi menjadi calon, Paslon akan dirujuk untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUP H. Adam Malik Medan.


Ketua DPC PDIP Taput Dr Drs. Nikson Nababan yang didaulat KPU menyampaikan sambutan dari partai pengusung mengatakan agar kiranya Pilkada berlangsung secara aman dan kondusif dan diselenggarakan secara profesional.


Ikut mendampingi Paslon Satika – Sarlandy di KPU Taput antara lain Ketua DPC PKB Tigor Lumbantoruan bersama istri Boru Manalu dan Sekretaris Dompak Hutasoit, Ketua DPC PDIP Nikson Nababan dan Sekretaris Sabungan Parapat.


Terlihat juga sembilan Anggota DPRD Taput Terpilih dari PDIP hasil Pemilu Legislatif 2024 serta Anggota DPRD Terpilih dari PKB dan mantan Ketua Bawaslu Taput Sardion Situmeang, putra asli Sipoholon.


Proses pendaftaran ini juga disaksikan Ketua Bawaslu Taput Kopman Pasaribu ST Kopman Pasaribu dan Komisioner Parlin Tambunan dan Romi Sitompul ditandai dengan penyerahan dokumen persyaratan Paslon dan Parpol pengusung kepada Komisioner KPU membidangi Divisi Teknis, Candra Panggabean.


Kepada awak media, Calon Bupati Tapanuli Utara Satika Simamora didampingi parpol pengusung merasa senang dan bangga atas spontanitas masyarakat Taput ikut mendampingi dirinya mendaftar ke KPU dan mengikuti acara deklarasi paslon.


Saya minta maaf hingga harus mengakibatkan macet di sejumlah titik di Tarutung dan Sipoholon. Tapi kita bisa membendung semangat masyarakat seperti itu,” ungkapnya.


Soal pilihannya kepada Sarlandy Hutabarat, Satika mengaku merasa nyaman dengan kehadiran sosok yang mumpuni di birokrasi dan memiliki elektoral yang bagus di tengah warga pemilih.


“Dan yang pasti, kita sangat menghormati orang yang setia, seperti yang selama ini dilakukan Pak Sarlandy selama mendampingi suami saya selaku Bupati Tapanuli Utara 2 periode,” pungkasya.




Sementara Sharlandy Hutabarat mengatakan alasan mau mendampingi Satika karena berkeyakinan bahwa apa yang mereka lakukan bersama Nikson sewaktu memimpin Taput akan lebih sinkron dan harus dilanjutkan dan ditingkatkan.


“Pembangunan Tapanuli Utara harus kita lanjutkan, dan pilihan yang paling tepat adalah harus Ibu Satika Simamora, yang disokong Pak Nikson yang merupakan teman saya di pemerintahan pada periode kepemimpinan Taput 2019-2024,” tuturya.



Red Satria

Komentar

Tampilkan

  • Meledak! Antusias, Ribuan Warga Iringi Paslon Satika-Sarlandy Hantar Mendaftar Ke Kpu Taput
  • 0

Terkini